Kamis, 09 Oktober 2014

TEMPAT WISATA YANG ADA DI KOTA SIDOARJO-SURABAYA


Papan pengumuman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta berisi satu hal yang paling dinantikan oleh para mahasiswanya, yaitu pengumuman bahwa kegiatan perkuliahan pada hari Sabtu diliburkan, sehubungan dengan adanya perayaan Hari Raya Idul Adha. Bagaimana tidak, momen liburan merupakan hal yang paling dinantikan, apalagi bisa merayakan Hari Raya Idul Adha di kampung halaman--bagi mahasiswa di luar Kota Yogyakarta—termasuk saya. Saya sangat merindukan “suasana istana”—begitu saya menyebut rumah yang layaknyaseperti sebuah istana—setelah beberapa bulan merantau di negeri orang—Daerah Istimewa Yogyakarta—untuk menggapai cita-cita yang yang telah lama sayamimpikan. Sayapun segara memesan tiket untuk pulang ke kampong halaman—tiket kereta api, sidoarjo-surabaya.
Sesampainya di Surabaya seakan lupa dengan suasana khas Surabaya—gedung yang menjulang tinggi, taman yang indah, padat penduduk, serta tidak jarang pula mengalami kemacetan—saya merasa bahagia luar biasa seperti jatuh cinta pada kesan pertama dengan kota pahlawan ini—Surabaya. Keesokan harinya, saya memulai rutinitas sebagai “arek Suroboyo”. Berikut tempat wisata yang saya kunjungi selama berada di kampong halaman.
1. Alun-Alun Kota Sidoarjo




Terletak di jantung kota Sidoarjo. Alun-alun ini tepat berhadapan dengan Masjid Agung Sidoarjo, sehingga sebagian halaman alun-alun dijadikan sebagai tempat parkir. Menurut saya, hal ini tidak terlalu mengganggu. Karena halaman masjidpun tidak begitu luas, dan tempat parkir ini jaraknya lumayan jauh dengan taman-taman yang ada di alun-alun. Rumputnya yang hijau, bunga berwarna-warni, banyak pepohonan, menambah keindahan tersendiri bagi alun-alun kota yang dijuluki “berhati bersih” ini. Pusat alun-alun menjadi berhatian, karena terdapat tugu yang merupakan symbol dari kota “udang dan bandeng”. Seakan ingin tetap berada di sana dalam waktu yang lama, dan mengabadikan setiap sudut dari alun-alun ini.



 


2. Delta Fishing




Terletak di salah satu wilayah di Sidoarjo. Tepatnya yaitu Desa Prasung Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Meskipun letaknya hanya di sebuah desa, bukan berarti fasilitas yang ditawarkan hanya “kelas pedesaan” saja. Justru di derah pedesaan ini menjadi nilai tambah tersendiri untuk tempat wisata yang murah meriah. Bagaimana tidak, tiket masuknya hanya sekitar Rp3000,- pada hari biasa, dan Rp 4000,- pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, dengan fasilitas tempat pemancingan, kolam renang, arena outbond, arena permainan, dan restaurant. Namun untuk menikmati permainan yang ada di tempat ini, pengunjung disarankan untuk memilih tiket masuk sesuai dengan keinginan wahana apa saja yang akan dinikmati. Paket 1 hari biasa Rp 10000,- sedangkan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp 12000,- pengunjung bisa menikmati sepeda air/perahu dayung, kolam renang, lompat trompolin, kuda terbang, kereta api, kincir angina, permainan koin, dan umpan ikan. Sedangkan untuk paket 2 pada hari biasa Rp 17000,- dan untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp 20000,- pengunjung sudah bisa menikmati flying fox/wall climbing, menyebrang ke pulau, sepeda air/perahu dayung, kolam renang, play ground, loncat trampoline, kereta api, kincir angin/kuda terbang, dan umpan ikan. Untuk pengunjung yang ingin memuaskan hobi memancingnya, biaya sewa pancing hanya sekitar Rp 1000,- jika ingin ditambah umpan pellet hanya sekitar Rp 1000,- dan umpan cacing Rp 2000,- Kelemahan dari tempat wisata ini yaitu halaman parkira yang kurang ditanami pohon, sehingga teriknya matahari terasa sangat menyengat. Ada juga beberapa wahana yang tidak ditanami pohon, sehingga terkadang membuat pengunjung merasa enggan untuk bermain-main di wahana yang ada. Tetapi, sebagian besar anak-anak tidak menghiraukan hal tersebut karena asyik dengan dunianya—permainan.
3. Kebun Binatang Surabaya




Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu kebun binatang yang popular di Indonesia.Terletak di Jalan Setail No.1 Surabaya.Halaman depan memiliki tempat parkir yang cukup luas, dan ada juga patung Sura dan Baya yang menjadi ikon kota Surabaya.Dahulu, kebun binatang ini hanya bertujuan sebagai koleksi pribadi, namun saat ini sudah beralih fungsi sebagai tempat pelestarian, pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Fauna yang terdapat di sini tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga berasal dari luar negeri.Dahulu, kebun binatang Surabaya ini pernah menjadi kebin binatang terlengkap se-Asia Tenggara, namun kini semakin banyak koleksi faunanya yang mati.Bahkan tidak sedikit juga dari fauna yang mati tersebut merupakan binatang yang langka dan dilindungi.




4. Taman Apsari




Taman Apsari memiliki keistimewaan tersendiri bagi saya, berada tepat di depan gedung Grahadi Surabaya. Tempat ini terasa begitu tenang, meskipun berada di jantung kota. Di dalamnya terdapat patung Gubernur Suryo, yang biasanya menjadi obyek pemotretan untuk album kenangan. Di sekitar patung Gubernur Suryo tersebut terdapat kolam kecil, dengan air mancur yang keluar hanya dalam waktu tertentu saja. Taman ini juga memiliki jogging track yang di pagi hari tetap nyaman walaupun hanya digunakan untuk jalan-jalan santai. Terkadang juga digunakan oleh arek-arek Suroboyo untuk bermain skate board. Tempat ini juga sangat nyaman jika walaupun hanya digunakan sebagai tempat berkumpulnya keluarga setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Taman ini bersebelahan dengan café, di dalam taman juga terdapat pedagang asongan. Tetapi jumlah pedagang asongan tidak sampai mengganggu pengunjung, karena jumlahnya relative sedikit. Hal ini semakin membuat pengunjung nyaman, karena bisa menikmati minuman dan camilan yang murah meriah.
5. Taman Bungkul




Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti skate board dan sepeda BMX track, jogging track, plaza (open stage untuk kegiatan entertainment), akses internet nirkabel (Wi-Fi atau Hotspot portable), telepon umum, kolam air mancur, dan arena pujasera. Taman ini juga memilikijalur khusus difabel, jadi para difabelpun juga bisa menikmati keindahan dan kenyamanan taman bungkul ini. Taman ini terletak di protocol Jalan Darmo. Taman ini sangat dirasakan manfaatnya bagi warga Surabaya, kita bisa menikmati kenyamanan, keindahan, kebersamaan dengan keluarga dan pengunjung lain, bahkan kita bisa menghirup sejuta kenikmatan dalam taman ini.






  
         



  


6. Monumen Kapal Selam




Monumen Kapal Selam yang berada di Surabaya ini yaitu monument kapal selam terbesar se-Asia. Monument ini terletak di sisi sungai Kalimas Surabaya. Kapal selam ini bukan replica, kapal selam ini merupakan salah satu dari divisi Timur. Di dalamnya terdapat ruang untuk haluan torpedo, ruang komandan, ruang makan, ruang kerja, ruang baterai, jembatan utama dan Pusat Komando, penyimpanan makanan di bawah dek, ruang awak kapal, dapur, ruang mesin diesel dan terminalmesin, dan kamar mesin listrik. Adapun fasilitas yang lain yaitu video rama, music life, kolam renang untuk anak-anak, rekreasi air sungai Kalimas, dan stan souvenir. Yang menarik adalah video rama, dengan konsep mirip sekali suasana bioskop, serta efek suara stereo, membawa pengunjung ikut berada dalam suasana bagaimana tentara angkatan laut mempertahankan wilayah Indonesia.





 


7. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan antara kota Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Pembangunan dari jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di pulau Madura, mulai dari pembangunan infrastruktur, dan ekonomi yang relative tertinggal dibandingkan kawasan lain di pulau Jawa. Jembatan ini menyediakan dua lajur, dan ada juga lajur khusus untuk pengendara sepeda motor, di setiap sisi luar jembatan. Saya memasukkan jembatan Suramadu ke dalam daftar tempat wisata, karena saya merasa tertarik dengan pemandangan jembatan ini pada malam hari. Warna-warni lampu jembatan bagaikan sebuah titik cahaya dalam gelapnya malam.

3 komentar:

  1. Ada peluru bius untuk binatang g, kalo da berapa harganya?

    BalasHapus
  2. Ada peluru bius untuk binatang g, kalo da berapa harganya?

    BalasHapus
  3. trimakasih atas informasinya gan, artikel blog agan sayangat membantu saya
    pokoknya joss lah
    sering-sering update artkel yang bagus ya gan hehe
    salam obat bius

    BalasHapus